5 Alat Bantu Wajib untuk Atasi Batuk Pilek pada Bayi

Posted by lia on Oktober 23, 2020

Ketika bayi batuk berdahak, kebanyakan orangtua akan panik karena kekhawatiran yang berlebihan. Pada dasarnya, batuk pada anak memang bisa berbahaya apalagi daya tahan tubuh bayi rentan karena sistem imun yang belum sempurna. Jangan panik saat harus menghadapi bayi yang sakit, terutama batuk pilek.

 

Di saat menghadapi masalah ini, Anda justru harus tenang. Penyakit yang disebabkan virus ini sebenarnya bisa Anda tangani sendiri tanpa perlu berkonsultasi dengan dokter. Salah satunya dengan menyiapkan alat bantu mengatasi batuk pilek pada bayi.

 

5 Alat Bantu Wajib untuk Atasi Batuk Pilek pada Bayi

Alat Bantu Atasi Batuk Pilek Bayi

Bayi mengalami pilek hingga batuk berdahak memang membuat khawatir banyak orangtua. Dalam kondisi ini bayi menjadi rewel dan menuntut perhatian penuh orangtua. Untuk mengantisipasi situasi kurang mengenakkan kala bayi batuk pilek, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa peralatan berikut:

 

1.     Saline Drop atau Obat Tetes

Saline drop atau nasal spray merupakan obat semprot yang biasa digunakan ketika bayi mengalami batuk pilek, terutama ketika hidung bayi tersumbat. Alat ini dapat membantu mengurangi lendir yang membuat bayi susah bernapas.

 

Cara menggunakannya hanya dengan memasukkan ujung botol saline drop ke hidung bayi kemudian menekan pelan bagian botol untuk menyemprotkan cairan di dalamnya ke rongga hidung bayi.

 

2.     Nasal Aspirator

Selain mengurangi lendir yang membuat bayi sulit bernapas. Anda juga bisa membantu mengurangi lendir dengan menyedotnya. Hal ini mampu membantu bayi batuk berdahak sehingga lebih nyaman bernapas.

 

Menggunakan nasal aspirator bisa jadi cara ampuh membantu mengurangi lendir di saluran pernapasan bayi. Menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu memencet bagian yang menggembung kemudian memasukkan pipet ke dalam lubang hidung bayi.

 

3.     Humidifier

Untuk memberi kenyamanan pada bayi yang tengah mengalami sakit batuk Anda bisa memasang humidifier di kamar bayi. Alat ini dapat membuat kamar si kecil menjadi lebih hangat dan lembab sehingga membantu melegakan pernapasan bayi.

 

4.     Bak Mandi

Untuk membuat lendir maupun dahak agar cepat keluar, Anda bisa memandikan dan merendam si kecil di air hangat. Cara ini akan membuat tubuh bayi menjadi lebih hangat dan uap air hangat yang tercium dan masuk ke paru-paru akan membantu memperlancar pernapasan.

 

Meskipun disarankan untuk merendam bayi di air hangat, tapi hal ini tak boleh dilakukan terlalu lama karena bisa membuat si kecil kedinginan dan kulitnya mengering.

 

5.     Petroleum Jelly

Batuk juga bisa mengakibatkan bayi mengalami iritasi karena kulit bayi sering dilap dengan kain maupun tisu. Untuk mencegah agar bayi tak mengalami iritasi, Anda bisa membantu dengan mengoleskan petroleum jelly pada bagian yang sering bergesekan dengan kain dan tisu.

 

Informasi Orami Magazine mengenai perlengkapan yang diperlukan dalam merawat bayi batuk berdahak maupun yang tengah pilek semoga bisa membantu Anda ketika menghadapi situasi tersebut. Sebaiknya perlengkapan ini disiapkan dalam kotak obat dan pastikan tersimpan dalam keadaan bersih sehingga bisa digunakan saat diperlukan.